[HOT NEWS] PDF Calon Anggota UPC ke 18


Pelatihan Dasar Fotografi Calon Anggota 18 


 PDF minggu ke 2

PDF minggu ke 2 tanggal 28 November 2015
Para caang 18 sedang belajar materi segitiga fotografi .

Apa itu segitiga fotografi?
Setiap elemen dalam segitiga fotografi ini berhubungan dengan cahaya, bagaimana cahaya masuk dan berinteraksi dengan kamera.





Ketiga elemen tersebut adalah: 
  1. ISO : ukuran seberapa sensitif sensor kamera terhadap cahaya 
  2. Aperture seberapa besar lensa terbuka saat foto diambil 
  3. Shutter Speed pengaturan pada kamera yang mengontrol lamanya waktu shutter terbuka, sehingga memungkinkan cahaya masuk melalui lensa ke sensor di dalam kamera.

Dan dilanjutkan pengenalan Jenis Lensa, Jenis Foto, pos to pos PDF dan latihan foto praktek DSLR oleh anggota UPC untuk para caang 18.

Ini dia dibalik antusiasnya para caang yang sedang belajar dan memahami segitiga fotografi.





PDF minggu ke 3

PDF minggu ke 3 tanggal 12 Desember 2015

Alumni UPC kita yang bernama ka Satria datang di PDF minggu ini dan bersharing-sharing segala tentang fotografi ke para caang 18 dan anggota UPC.

Di PDF minggu ini juga para caang sedang belajar memahami fokus, komposisi fotografi , Angle outdoor dan Indoor.


Apa sih komposisi fotografi?
Komposisi fotografi adalah masalah menempatkan berbagai benda yang terpotret dalam bingkai fotonya. Bagus tidaknya komposisi sebuah foto sangat tergantung kebutuhan pada foto itu sendiri. Komposisi bisa dibuat dengan mengatur benda yang akan dipotret, atau mengatur angle (sudut pengambilan) dan pilihan lensa untuk obyek pemotretan yang tak bisa diatur.

PDF minggu ini baru dimulai praktek foto outdoornya,para anggota mengajar para caangnya bagaimana cara mengambil fokus yang jelas serta bagaimana cara mengambil angle dan komposisi yang menarik dan diakhiri dengan foto bersama-sama.





PDF minggu ke 4


PDF minggu ke 4 tanggal 26 Desember 2015


Di PDF minggu ini Anggota UPC memeberikan materi teknik Freezing dan Panning serta ada pembackup-an materi segitiga fotografi yang sudah diajarkan di minggu ke 2.



Apa itu teknik Freezing dan Panning?

-Teknik Freezing adalah teknik memotret pada sebuah objek yang sedang bergerak dengan seolah-olah hasil foto kita bisa menghentikan objek yang bergerak tersebut. Teknik ini menggunakan kecepatan/speed lensa yang tinggi sehingga objek seolah-olah membeku. Kenapa kita harus menggunakan kecepatan rana yang tinggi karena jika kita menggunakan rana dengan speed rendah pada subjek yang bergerak akan menimbul kan blur yang memberi kesan gerak dan dipastikan efek foto yang dihasilkan menjadi tidak jelas dan kabur.








-Panning adalah teknik memotret mengikuti obyek yang bergerak secara horizontal.Teknik yang dilakukan adalah menggerakkan kamera searah gerakan obyek, diharapkan obyek tersebut tetap terfokus tajam sedangkan obyek lain menjadi blur.







PDF minggu ke 5


PDF minggu ke 5 tanggal 9 Januari 2015

PDF minggu ini sedang membahas fotostudio, pengenalan alat studio dan belajar memasang alat-alat studio.


Para divisi photostudio memberi materi mengenai nama-nama alat studio, fungsi-fungsi alat studio dan bagaimana cara memasang alat studio. Setelah para anggota memberi materi para caang belajar bagaimana cara memasang alat-alat studio ini dan dilanjuti dengan praktek photostudio.

Di PDF minggu ini kita juga belajar materi teknik BulbApa itu studio foto dan teknik Bulb?

Studio foto adalah sebuah tempat yang digunakan oleh seorang fotografer untuk mengambil gambar atau foto dengan menggunakan kamera digital atau dengan mengggunakan kamera non digital untuk menghasilkan sebuah foto dengan dukungan beberapa alat bantu yang tersedia di dalam ruangan tersebut sebagai kelengkapan dari proses membuat sebuah foto itu. 

Teknik fotografi Bulb adalah teknik dengan menggunakan speed selambat mungkin. Hasil dari speed yang lambat inilah akan menghasilkan lintasan cahaya. Teknik ini sudah banyak dikembangkan, sehingga memunculkan banyak seni melukis dengan menggunakan cahaya. Bentuk yang dihasilkannya pun akan beragam, tergantung kemana cahaya tersebut melintas.




author : Nabila Fidela Billad
photo : All UPC 

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN !!

pilih "Name/URL di kotak "beri komentar sebagai" jika anda tidak punya akun di google.

contoh:
Name : Upc Photo
URL : http://'your web or blog' .com

jika tidak punya URL, copy paste URL dibawah ini

http://www.upcphoto.org

Organization of

Contact Us

UNIVERSITAS DARMA PERSADA

SEKRETARIAT
KOMPLEK UKM UNSADA
Jl. RADIN INTEN (TERUSAN CASABLANCA)
PONDOK KELAPA
JAKARTA TIMUR 13450
E-Mail: upc.photography@gmail.com

Our Social Media

Follow us on Twitter
@UpcPhoto

Follow us on Instagram
@UpcPhoto

Like us on Facebook
UNSADA PHOTOGRAPHY CLUB